Berita

Menindaklanjuti Hasil PISPK, Puskesmas Sidorejo Lor Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Kampanye GERMAS

Peserta Kegiatan Kampanye Germas Sabtu (22/10/2022)

Dalam rangka menindaklanjuti hasil dari monitoring dan evaluasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekaan Keluarga (PISPK),  Puskesmas Sidorejo Lor menggelar Kegiatan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Kampanye GERMAS). Tiga prioritas masalah kesehatan tingkat Kecamatan Sidorejo diantaranya masih tingginya anggota keluarga yang merokok, masih adanya penderita hipertensi tidak mendapat pengobatan teratur, serta masih adanya keluarga tidak mengikuti program KB.

Kampanye GERMAS dilaksanakan pada Sabtu (22/10/2022) di  Area Kantor Kecamatan Sidorejo dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat diantaranya Camat Sidorejo, Kapolsek Sidorejo, Danramil 01/Sidomukti, Lurah dan Kasie Sospermas se-Kecamatan Sidorejo, KUA Sidorejo, serta masyarakat yang meliputi  unsur RT/RW, unsur PKK, dan Kelurahan Siaga.

Camat Sidorejo, Agung Pitoyo, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan masalah stunting di wilayah Kecamatan Sidorejo. Kampanye GERMAS dibuka oleh Camat Sidorejo yang ditandai dengan pelepasan balon secara bersama-sama dengan Forum Komunikasi Kecamatan (Forkompincam).

Peserta kegiatan terlihat sangat antusias mengikuti setiap kegiatan Kampanye GERMAS yaitu Senam Sehat Ceria, Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM), Lomba Yel-Yel, dan Lomba Cerdas Cermat. Para peserta yang didominasi oleh ibu-ibu juga sangat antusias saat menjawab pertanyaan kuis untuk mendapatkan doorprize menarik.

Peserta mengikuti Senam Sehat Ceria

Meski dilaksanakan pada musim hujan, panitia bersyukur pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dengan kondisi cuaca yang cerah. Lomba Cerdas Cermat diawali dengan Lomba Yel-Yel dari 6 Kelurahan dengan juri Camat Sidorejo, Kapolsek Sidorejo, Danramil 01/Sidomukti, dan Kepala Puskesmas Sidorejo Lor. Selanjutnya untuk Lomba Cerdas Cermat berisi pertanyaan seputar pengetahuan kesehatan serta praktek keterampilan seperti praktek 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), mengukur panjang badan bayi, mengukur tinggi badan umur >2 tahun, mengukur lingkar perut, mengukur LILA (Lingkar Lengan Atas Ibu Hamil ) dan menghitung ABJ (Angka Bebas Jentik).

Pemenang Lomba Cerdas Cermat

Dalam kegiatan lomba tersebut, Kelurahan Kauman Kidul mendapatkan total skor 1035 dan berhasil meraih juara 1, diikuti Kelurahan Blotongan dengan perolehan skor yaitu 1030, dan terakhir Kelurahan Salatiga dengan perolehan skor 1005. Masing-masing kelurahan juga mendapatkan uang pembinaan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh peserta lomba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Scan the code
Admin Tanti :
Halo, Terimakasih sudah berkunjung ke website Puskesmas Sidorejo Lor.
Ada yang bisa kami bantu?
X